09 Juli 2019

opini musri nauli : Batin



Istilah batin sering menjadi rujukan terhadap persekutuan masyarakat di Provinsi Jambi. Sebuah istilah yang merujuk kepada Batin yang dikenal di Jambi. Istilah Batin dapat disepadankan dengan Marga. Didalam peta Belanda “Schetskaart Residentie Adatgemeenschappen (Marga’S) tahun 1910, Batin dikenal seperti Batin II Ulu, Batin VII, Batin II, Batin II ilir (Bungo), Batin V, Batin IX Ulu Batin IX Ilir  (Merangin), Batin VIII, Batin VI (Sarolangun) dan Batin V dan Batin 24 (Batanghari).

Istilah Batin adalah merujuk kepada “raga” atau “hati” manusia. Bisa juga merujuk kepada manusia. Sehingga batin adalah tempat berdomisili.

07 Juli 2019

opini musri nauli : Syukur




Teringat waktu kecil, sang guru ngaji sering memulai pengajian dengan doa yang mengucapkan syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan. Doa-doa yang sering diulang hingga masih terngiang ditelinga.

Bersyukur adalah mengucapkan terima kasih kepada Sang Pencipta atas karunianya. Dengan indra yang sempurna, pikiran yang jernih, badan yang sehat dan kekayaan yang membuat kita bahagia.

opini musri nauli : SELAMAT JALAN, PAK SUTOPO


Mendapatkan kabar duka kepergian Pak Sutopo Purwo Nugroho (Sutopo), Kepala Pusdatinmas BNPB terbayang ingatan 4 tahun yang lalu. Seorang “pengabar” terjadinya kebakaran massif di 7 Propinsi di Indonesia.



Disaat kebakaran yang melumpuhkan bandara Riau, Jambi, Palangkaraya dan Banjarmasin, tuduhan massif dan penyebab kebakaran menjadi simpang siur. Perusahaan sawit dan HTI secara kompak berteriak penyebab kebakaran adalah “petani yang membakar kebunnya”. Mereka dengan enteng menyebutkan “luasnya kebakaran” karena petani membersihkan lahan dan memasuki tanam padi dengan cara membakar.

03 Juli 2019

opini musri nauli : Sungai Aur




Membicarakan Desa Sungai Aur tidak dapat dilepaskan dari Marga Jebus. Marga Jebus terdiri dari Dusun Jebus, Dusun Rukam, Dusun Gedung Terbakar, Dusun Londrang, Dusun Suak Kandis dan Dusun Sungai Aur. Pusat Marga di Suak Kandis. Dusun Suak Kandis kemudian dipimpin Pesirah[1].

Arti “jebus” adalah “penebus’. Tempat Jebus merupakan “pelarian” dari Kerajaan. Ditempat ini kemudian bersembunyi dan menghilangkan diri dari kejaran. Setelah bermukim di Jebus, justru dia menjadi tobat dan kemudian menjadi orang baik. Sehingga tempat “penebus” kemudian dikenal sebagai “jebus”. Kata “Jebus” merupakan dialek yang menyebutkan “penebus” atau “tebus’.[2]

27 Juni 2019

opini musri nauli : Sungai Bahar


Menyebutkan nama Sungai Bahar, maka terbayang nama tempat di kabupaten Muara Jambi. Semula termasuk kedalam Kecamatan Mestong. Mestong kemudian dikenal sebagai Marga Mestong.

Mestong kemudian dikenal dengan Nama Periai “Mestong Serdadu”. Keturunan dari Kiyai Patih bin Panembahan Bawah Sawo. Bergelar Ngebi SIngo Patih Tambi Yudo. Dengan jabatan Penghulu/Pemangku. Tugasnya memelihara persenjataan.

26 Juni 2019

opini musri nauli : Perdagangan Lada


Dari dulu saya penasaran dengan istilah "Bahar". Di Kabupaten Muara Jambi, dikenal daerah "Sungai bahar". Walaupun bahar kemudian menunjukkan Sungai, namun istilah bahar sendiri saya tetap penasaran.


Namun "mutiara" ini saya temukan. 

24 Juni 2019

opini musri nauli : Simalaka Zonasi



Akhir-akhir ini, issu zonasi terhadap Sekolah menjadi wacana public yang memantik kontroversial. Zonasi (dulu dikenal dengan istilah rayon) adalah menempatkan anak-anak disekitar sekolah didekatnya. Sehingga tidak terjadi penumpukkan satu sekolah dibandingkan dengan sekolah lain.

21 Juni 2019

opini musri nauli : Ilmu Kampung




Dulu saya tidak mengerti. Mengapa orang-orang tua kampong menyekolahkan anaknya di pesantren sejak tamat SD.

Terbayang. Masa kanak-kanak harus berpisah, jauh dari orang tua, merantau ke negeri yang belum pernah didatangi.

18 Juni 2019

Berita Jambi : Lembaga Adat Batanghari Gelar Diskusi Tentang Marga dan Batin




Sejak gugurnya Sultan Thaha pada 1904 nan silam, berdasarkan Peta Kerajaan Jambi maupun Keresidenan Jambi diperpustakaan Belanda, banyak peta tentang Margo dan Batin, atau Peta Wilayah Administratif nya, tidak lengkap ataupun tidak ditemukan, termasuk Batanghari.

Berangkat dari pada itu, Lembaga Adat Batanghari mengadakan diskusi mengupas tentang Margo dan Batin yang merupakan wilayah admistratif kecamatan yang dipimpin seorang Pesirah, Sabtu kemaren (15/06/2019) di Rumah Lembaga Adat Batanghari Muara Bulian.

12 Juni 2019

opini musri nauli : Batanghari Dalam Ingatan Masyarakat Melayu Jambi




KABUPATEN BATANGHARI DALAM INGATAN MASYARAKAT MELAYU JAMBI
Musri Nauli[1]


Menyebutkan Kabupaten Batanghari sebagai wilayah di Provinsi Jambi tidak dapat dilepaskan dari sejarah panjang Marga dan Batin di Jambi.

Berdasarkan peta Schetkaart Resindentie Djambi Adatgemeenschappen (Marga’s), Tahun 1910 disebutkan Marga[2]/batin yang berada di Kabupaten Batanghari terdiri dari Batin XXIV, Marga Maro Sebo Ulu, Marga Kembang Paseban, Marga Maro Sebo Tengah, Marga Maro Sebo Ilir, Marga Pemayung Ulu, Marga Pemayung Ilir dan Marga Mestong. Peta juga menyebutkan Batin 5 berpusat di Matagoal[3].

Batin XXIV berpusat di Durian Luncuk[4]. Marga Marosebo UIu berpusat di Sungai Rengas[5]. Marga Kembang Paseban berpusat di Mersam[6]. Marga Marosebo Tengah berpusat di Tembesi[7].. Marga Marosebo Ilir berpusat di Terusan[8]. Marga Pemayung Ulu berpusat di Bajubang dan kemudian pindah  Muara Bulian[9]. Marga Pemayung Ilir berpusat di Lubuk Ruso[10].  dan Marga Mestong berpusat di Sungai Duren[11].

Batin XXIV dikenal sebagai batin (asal) [12]  yang menguasai wilayah Batin XXIV. 5 Orang di Pasir Panjang, 8 orang di Durian Luncuk, 6 Orang di Teluk Mampir dan 5 orang di Koto Buayo.