26 April 2022

Seloko

 


Istilah Seloko sering dituturkan ditengah masyarakat Melayu Jambi. Seloko kadangkala diujarkan sebagai “ajaran luhur”, “tuntutan”, “pedoman”, “arah” dan pengetahuan. 


Kadangkala seloko juga menggambarkan cara pandang didalam melihat sebuah peristiwa. 

Seloko sebagai ajaran leluhur dapat dilihat seperti Seloko “Adat nan dak lekang dek panas dak lapuk dek hujan. Titian teras betanggo batu, jalan berambah nan diturut, baju bejait nan dipakai, sumur tegenang nan disauk”. 


Secara harfiah dapat dimaknai kekuatan hukum adat yang diikuti maka tidak akan tertelan oleh putaran zaman yang ditandai dengan seloko “Adat nan dak lekang dek panas dak lapuk dek hujan”. 


Seloko yang berisikan tuntutan”, “pedoman”, “arah”ditandai dengan seloko seperti “mencari pangkal dari bungkul. Mencari asal dari usul”. 


Kadangkala Seloko juga ditandai bentuk penghormatan seperti “Kecik dak sebut namo, gedang dak sebut gelar” yang kemudian dibalas “kecik besakti, gedang betuah”.


Cara Pandang masyarakat Melayu Jambi ditandai dengan seloko “ “Pohon rindang ditengah dusun. Pohonnya gedang tempat beteduh. Akarnya tempat besilo. Tempat pegi betanyo. Tempat balek beberito”. 



Sedangkan seloko sebagai bentuk bakti dan tanda hormat kepada Pemimpin ditandai dengan seloko ““Alam Sekato Rajo. Negeri Sekato Batin”. 

Atau Alam berajo, rantau bejenang, kampung betuo, negeri bernenek mamak. Atau “Luak Sekato Penghulu, Kampung Sekato Tuo, Alam sekato Rajo, Rantau Sekato Jenang, Negeri sekato nenek moyang.


Sedangkan seloko yang melambangkan “kebersamaan, senasib sepenanggungan” ditandai dengan seloko “Ke bukit nak samo mendaki, kelurah nak samo menurun. Mudik nak serentak-sesatang, hilir nak sedengkuh dayung. Seringgit tengah-tengah delapan. Sebulan 30 hari. Sediikit samo-samo dimakan.  Idak ado samo-samo dicari.


Dan sebagai bentuk seloko yang melambangkan masyarakat yang adil dan makmur ditandai dengan seloko “Padi menjadi. Rumput hijau. Aeknyo tenang. Ke aek cemeti keno. Ke darat durian gugur”. 


Makna ini sesuai dengan makna didalam Filosofi Jawa “gemah repah. Loh Jinawi. Tata tentrem kerto Raharjo”. 



Advokat. Tinggal di Jambi.