29 Desember 2022

Perjalanan terhenti sejenak

 

Syahdan, ketika rencana ke Palembang mesti tertunda..
Menjelang masuk bayung lincir, 60 km dari Jambi,
bodi depan menghentak lubang.. terdengar suara keras..
Waktu itu rencana mau mampir sejenak di bayunglincir..
Namun mengingat hari masih siang, sementara masih jauh, rencanapun dilanjutkan..
Entah mengapa, si dodo meminta berhenti.. alasan mau ke wc..
Kamipun menemukan mesjid.. sekitar 20 km setelah bayunglincir..
sebelum masuk mesjid, terdapat wc yg berjejer.. kamipun berhenti..
Alamgkah kagetnya saya.. oli kemudian mengucur deras.. praktis menghabiskan oli yg baru diganti..
AKupun termangu.. terbayang.. sama sekali tidak ada oli..
Kendaraanpun kumatikan.. sekalian naikkan kap mesin.. sembari mengecek dari panel oli..
Kering..
AKhirnya kuputuskan.. mencari bengkel terdekat..
Semula bengkel ditemukan.. namun sang pemilik bengkel sedang liburan.. hny adiknya saja..
Diapun menganjurkan menjemput tukang bengkel.. jaraknya sekitar 4 km.. sembari meminjamkan sepeda motor..
Kedua putraku kemudian ke bengkel.. dodo dan abangnya.. menjemput montir bengkel..
Setelah bertemu dengan montir, sang abang berboncengan dengan montir.. sementr dodo membawa kendaraan yg dipinjamkan tadi..
30 menit kemudian berdering.. sang abang bertanya.. ”apa yg rusak”.
AKupun ke bawah mobil.. gambar dan video kukirimi..
Setelah bertemu dengan montir, sang abang berboncengan dengan montir.. sementr dodo membawa kendaraan yg dipinjamkan tadi..
Mereka kemudian segera meluncur..
Dengan demikian abang bersama montir.. Sementara dodo membawa motor pinjaman..
Nah, pas pulang dari bengkel sang montir mau kembali ke bengkel semula, terjadilah kecelakaan..
Dodo kemudian terserempet mobil innova dari Jambi..
Seisi kampung heboh.. dodopun terkapar di pinggir jalan..
Aku mendapat telepon dari sang abang dodo kemudian panik..
Dari bengkel semula, tempat yg aku tunggu di mobil, kemudian berlarian ke arah palembang.. menengok dodo..
Alangkah kagetnya saya.. jantung serasa copot..
melihat kaki kanan “seakan2” lepas.. tungkai kaki serasa tdk bersendi..
Persis kaki boneka yg dilepaskan dari tubuh..
Tanpa ba bi bu, saya meminta tolong warga.. mencarikan mobil untuk membawa ke rumah sakit terdekat.. kembali ke bayunglincir..
Disela2 dlm mobil saya menelepon Mahdayeni Jee MSi.. karena telp Eko Buce G-cinDe tdk diangkat..
Pertimbangan menghubungi bucek, karena aku tau persis.. mertuanya di pasar bayunglincir.. akupun pernah mampir..
Alhamdulilah.. belum sampe di RSU bayunglincir, telp dari bucek kemudian berdering.. aku memastikan bantuannya..
ternyata ibu mertua dan adik iparnya sdh menunggu di rsu..
Puji Tuhan.. setidaknya kedatangan beliau sedikit mengurangi rasa panikku..
Setelah proses adm, memastikan infus, observasi dokter, rontgen, akupun tenang..
Sudah tau diagnosa.. sekaligus memastikan tindakan medis yg akan dilakukan..
Sembari menunggu kabar, apakah dirujuk ke palembang atau ke Jambi, akupun kembali bergegas.. kembali ke bengkel sembari mengurusi mobil dan istriku yg masih menunggu disana..
setelah tiba kembali ke bengkel.. lagi2 aku ketemu manager kebun.. Lai gultom..
Beliau lgsg terlibat membantu mengurusi hancurnya motor yg dipake dodo, membantu saya ke pos lantas dan kembali ke bengkel..
Sementara itu, sang abang mengabarkan pihak lantas sdh berada di rsu.. bersama dengan sang pengendara innova..
Saya menunggu dulu perbaikan mobil.. kemudian bersama dengan istri kembali ke bayunglincir.. ke rsu.. menengok dodo..
Lagi2 alhamdulilah.. tdk perlu dirujuk.. dan dapat menggunakan upaya yg paling lazim dlm urusan kaki..
Sayapun kemudian bertemu dengan sang pemgemudi innova dan pihak polantas..
Cuma satu hasil kesepakatan.. “yg luko dipampeh..”.
Setelah keluar dari RSU, kamipun mengikuti anjuran warga.. menemui tukang urut tulang.. sekitar 40 km dari bayunglincir.. alhamdulilah.. ada perkembangan..
Dari cerita tadi, ada bnyk pesan yg membuat saya terharu..
Bnyk sekali perhatian terhadap musibah yg terjadi.. untuk itu kami mengucapkn terima kasih yg tiada terhingga..
Kedua.. kami mohon maaf, apabila adanya chatt wa yg sama sekali tdk direspon.. selain saya harus berkejaran kesana kemarin, HP sama sekali tdk saya sentuh.. sekali lagi saya mohon maaf sebesar2 nya..
Ketiga.. respon dan dukumgan dari berbagai pihak membuat saya menjadi kuat menjalani.. sekali
Lagi terima kasih bnyk..
Keempat.. masih bnyk orang baik di sekitar kita.. tampa pamrih.. dan menempatkan rasa kemanusiaan diatas segala2.. pelajaran penting yg tdk mungkin saya lupakan..
Sekali lagi terima kasih atas perhatian dan dukungam..
Salam dari Sungai Lilin, 29 Des 2022..