15 Februari 2013

DUKUNGAN TERHADAP ANWAR SADAT TERUS MENGALIR




Jakarta, Aktual.co — Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumatera Utara Kusnadi menyempatkan diri ke Palembang guna membesuk rekan sejawat Direktur Eksekutif Walhi Sumatera Selatan Anwar Sadat dan dua rekannya yang ditahan di Mapolda setempat.

"Tujuan membesuk rekan sejawat untuk memberikan dukungan moral agar tidak gentar menghadapi kasus tersebut," kata Kusnadi di Kantor Walhi Sumsel, di Palembang, Jumat (15/2).

Menurutnya, dalam pertemuannya dengan ketiga aktivis lingkungan yang sedang ditahan pihak Polda Sumsel itu, beberapa hal dibicarakan seperti kronologis singkat terjadinya bentrokan antara petani dan polisi dalam aksi unjuk rasa yang mengakibatkan mereka ditangkap.

Selain itu, memberikan motivasi kepada ketiga aktivis itu bahwa mereka tidak sendirian menghadapi persoalan yang sedang dihadapi sekarang ini, dan terdapat cukup banyak dukungan dari aktivis lingkungan di dalam maupun luar negeri.

"Dalam melakukan perjuangan selalu saja ada halangan dan rintangan, namun selagi yakin berada pada pihak yang benar dan jalur yang tepat jangan pernah takut untuk melangkah," tutur Kusnadi.

Kepala Divisi Pengembangan dan Pengorganisasian Walhi Sumsel Hadi Jatmiko menjelaskan, sejak terdengarnya informasi Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Anwar Sadat serta dua rekannya Dedek Chaniago dan Kamaludin ditangkap polisi pada 29 Januari 2013, aktivis yang membesuk mereka sudah cukup banyak. Aksi solidaritas dan dukungan terus mengalir hingga kini.

Sejumlah aktivis dari berbagai daerah yang sebelumnya telah datang ke Palembang untuk membezuk dan memberikan dukungan moral serta advokasi kepada Direktur Eksekutif Walhi Sumsel dan kedua rekannya itu antara lain Wakil Ketua Komnas HAM Nurkholis, Tim Advokasi Kontras Samsul Munir, Direktur Eksekutif Walhi Jambi Musri Nauli, Direktur Eksekutif Wahi Babel Ratno Budi, Direktur Eksekutif Walhi Lampung Bejo Dewangga, Manager Kebijakan dan Pembelaan Hukum Walhi Munhur Satyahaprabu, dan Perwakilan Eksekutif Nasional Walhi Mukri.

Seluruh rekan-rekan dan aktivis se-Indonesia telah menyampaikan rasa prihatin atas kejadian yang menimpa aktivis lingkungan dan pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) di Sumsel ini, dan akan membantu melakukan berbagai hal secara damai serta prosedural untuk membebaskan Sadat bersama dua rekannya dari segala tuntutan hukum, ujar Hadi menambahkan.

Sebagaimana diketahui, Anwar tersandung masalah hukum ketika mendampingi petani melakukan aksi unjuk rasa mendapatkan lahannya yang diklaim milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII yang berakhir ricuh pada 29 Januari 2013.

http://www.aktual.co/sosial/203207dukungan-terhadap-anwar-sadat-terus-mengalir