Kebersamaan, kesetiaan, senasib
sepenanggungan merupakan cermin masyarakat Melayu Jambi. Ikrar kesetiaan yang
dikenal sebagai “sumpah setio” ditandai
dengan Seloko “Ke langit sama dikadah. Ke
bumi sama dikutungkan. Darah samo dikacau, daging samo dikimpal[1]”. Atau juga sering disebut ”ada samo dimakan. Dak ado samo ditelan”.
Sebagai
ikrar kesetiaan “sepenasib-sepenanggungan”
sering disampaikan “ke bukit samo
mendaki. Ke lurah samo menurun”. “Seiring-sejalan”
Di Marga Batang Asai Tengah dikenal Bak aur dengan tebing, tebing sayang ke aur, aur
sayang dek tebing, tebing runtuh aur tebawo”[2].
Di Marga Kasang Melintang Desa Sungai
Baung dikenal “karang Setio” dengan
Seloko Sebingkah Tanah. Sekaki Payung. Ke
aek Samo-samo di perikan. Ke darat samo-samo di paumo” [3].
Di Marga Sungai Tenang di Desa
Tanjung Mudo[4], Desa
Gedang[5],
Desa Tanjung Alam[6], Desa
Tanjung Benuang[7] dikenal
Hidup “bak bersuku”. Hidup bersuku, Mati Baindu, Suku Tengganai.
Ditandai
dengan “Ke langit sama dikadah Ke bumi
sama dikutungkan, Darah samo dikacau, daging samo dikimpal, Kehilir serentak
dayung, kemudik sehentak satang, Kebukit samo mendaki, kelurah samo menurun,
Tegak sama tinggi, duduk sama rendah, serumpun bak serai, seinduk bak ayam,
Tolong menolong bagai aur dengan tebing, Tudung menudung bagai daun sirih,
samo-samo berbenteng dado berkuto betis beranjau, tunjuk menunjuk menghadapi musuh,
Tidak boleh pepat diluar rencong didalam, tidak boleh budi menyuruk akal
merangkak, Menggunting dalam lipatan, tidak boleh membohong kawan seiring,
harus sesopan semalu, Dapat samo belabo hilang samo merugi. Samo makan tanah
bila telungkup, samo minum air bila telentang.
Di Bungo dikenal hati
gajah sama dilapah, hati tungau sama dicecah. Bak “saluko adat Berat samo
dipikul ringan samo dijinjing, kebukit samo mendaki kelurah samo menurun. ado samo dimakan idak samo dicari, seciap bak
ayam. sedencing bak besi, kok malang samo merugi. bak balado samo mendapat. serta terendam samo
basah. terampai samo kering.
Kesemuanya
melambangkan kesatuan masyarakat antara satu dengan yang lain. Tidak
terpisahkan. Bak “serumpun”
Kesemua
ikrar kemudian ditandai dengan symbol-simbol di panji-panji lambang Kabupaten. Di
Kabupaten Sarolangun kemudian berikrar “"Sepucuk Adat Serumpun Pseko". Kabupaten Bungo kemudian
ditandai dengan "Langkah Serentak
Limbai Seayun". Kabupaten Tebo “Bumi
Serentak Galah Serengkuh Dayung”. Kabupaten Batanghari “Serentak
Bak Regam”. Kabupaten Muara
Jambi “Sailun Salimbai”. Kabupaten
Tanjung Jabung Timur “Sepucuk Nipah
Serumpun Nibung. Kabupaten Tanjung Jabung Barat “Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan”. Kotamadya Sungai Penuh “Sahalun Suhak Salatuh Bdei”.
Sedangkan Kabupaten Kerinci
mengusung Motto “Sakti Alam Kerinci”.
Kabupaten Merangin “Tali Undang Tambang
Teliti. Dan Kotamadya Jambi “Tanah Pilih Pesako Betuah. Keseluruhan Kabupaten di Jambi kemudian
mengilir ke Sungai Batanghari yang kemudian dikenal “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’.
Motto yang kemudian terdapat di Lambang Provinsi Jambi[8].
Dengan
melihat berbagai seloko yang menempatkan masyarakat sebagai kesatuan yang tidak
terpisahkan maka negeri Jambi kemudian “Negeri Aman. Padi menjadi. Rumput
hijau. Kebo gepuk. Ke aek cemeti keno. Ke darat. Durian gugur”[9]. Atau
bumi aman padi menjadi, rumput mudo
kerbaunyo gemuk, baumo mendapat padi, menambang mendapat emeh (emas),
buah-buahan segalo menjadi, baru basuo bak kato seluko adat keayik cemetik
keno, kedarat durian gugur, lemang terbujur diatas dapur, anak negeri aman
makmur[10].