17 Desember 2020

opini musri nauli : The Real Winner Pilkada Jambi 2020 (3)

 

Semula banyak yang protes disaat seperti ini, tiba-tiba saya harus mengagumi para jenderal lapangan. Termasuk jenderal lapangan paslon lain sekalipun. 


Tapi meminjam istilah Jokowi “menang tidak ngasorake” yang hidup dikalangan masyarakat Jawa, tetap menghormati siapapun termasuk yang berbeda pandangan politik. Bagaimanapun strategi, gaya dan mobilitas para jenderal di lapangan tetap menjadi pembelajaran.  


Membaca angka-angka raihan para kandidat maka saya akan coba konsentrasi di 3 kabupaten. Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 


Pilihan konsentrasi ke tiga kabupaten selain kabupaten yang dekat dengan Kota Jambi, juga didasarkan semata-mata terhadap ketua Partai Koalisi. Ketiganya saya kenal baik. 


Sebagaimana hasil hitung (real count) di situng www.pilkada2020.kpu.go.id, menggambarkan perolehan raihan suara yang didapatkan. Urutan angka menggambarkan nomor paslon. 


Kabupaten Batanghari menghasilkan raihan suara 63.110 suara (41, %), 30.762 suara (20,2 %) dan 58.082 (38,2 %). Urutan angka menggambarkan nomor paslon. 


Kabupaten Tanjung Jabung Barat menghasilkan, paslon nomor 1 menghasilkan 69.117 suara (47 %), paslon nomor dua menghasilkan suara 31.934 suara (21,7 %) dan paslon nomor 3 menghasilkan suara 45.929 (31,2 %). 


Dan kabupaten Tanjung Jabung Timur menghasilkan paslon nomor 1 raihan suara 53.748 (43,4 %), paslon nomor 2 menghasilkan suara 25.515 (20,6 %) dan paslon nomor 3 menghasilkan suara 44.526 (36 %). 


Dengan demikian maka ketiga kabupaten berhasil memenangkan paslon nomor 1. 


Tidak dapat dipungkiri membaca angka-angka perolehan suara yang diraih, tidak dapat dilepaskan ketiga jenderal lapangan yang kemudian dapat dibaca ketua partai koalisi. 


Di Batanghari dikenal Akmaludin (Akmal), Ketua koalisi partai tim pemenangan Cek Endra – Ratu Munawarah. Akmal PDIP kabupaten Batanghari sekaligus anggota DPRD Provinsi Jambi. 


Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipimpin Ahmad Jafar (Jahfar). Jahfar merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanjabbar. 


Sedangkan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dikenal H. Juber. H. Juber adalah orang yang dikenal di Tanjabtim. Baik sebagai Wakil Bupati sebelumnya dan Ketua Partai Golkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur sekaligus anggota parlemen anggota DPRD Provinsi Jambi dua periode. 


Ketiga kabupaten membuat persaingan peraihan suara menjadi ketat. Lihatlah bagaimana Kabupaten Batanghari dengan komposisi 41 % dibandingkan dengan 38,2 %. Tanjabbar 47 % - 31,2 %. Dan Tanjabtim 43,4 % - 36 %. 


Kekuatan ketiga jenderal lapangan sekaligus meraih suara yang memenangkan paslon nomor 1 menyumbangkan suara yang signifikan untuk peraihan pilkada Jambi 2020. 


Ketiganya mampu menjaga basis dan berhasil memenangkan paslon nomor 1. 


Sehingga tidak salah kemudian merekalah jenderal lapangan yang telah teruji dilapangan. 


Merekalah “the real winner Pilkada Jambi 2020”. 


Selamat kepada Ketua Ahmad Jahfar, Kawan Akmal dan Bang Juber. 


Baca : The Real Winner Pilkada Jambi 2020 (2)