19 Desember 2020

opini musri nauli : The real Winner Pilkada Jambi 2020 (4)

Usai sudah rapat Pleno KPU dengan agenda Penetapan Rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jambi 2020. 


Secara umum tidak ada perubahan mendasar penghitungan suara real count KPU yang dimuat di www.pilkada2020.kpu.go.id dengan hasil penetapan oleh KPU. 

Setelah usai berbagai pekerjaan panjang – praktis 4 bulan terakhir, pemenang telah ditetapkan. Al Haris-Sani berhasil menjadi Gubernur/Wakil Gubernur Jambi 2021 – 2024. Dan peristiwa politik kemudian berakhir tinggal menunggu pelantikan – terlepas dari hasil keputusan MK. 


Namun disela-sela pekerjaan telah usai, setelah diketahui kemenangan Al Haris-Sani sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Jambi 2020, para winner dari Champion diketahui. 


Sebagai The real Winner Pilkada Jambi 2020 tidak dapat dilepaskan dari Al Haris-Sani yang berhasil memimpin pasukan yang tersusun rapi. 


Didukung Ketua Tim Pemenangan Al Haris-Sani dipimpin oleh Madel dan H. Bakri sebagai Ketua Koalisi Partai pengusung Al Haris-Sani. 


Namun tidak dapat dipungkiri, para coordinator kabupaten, coordinator kecamatan dan coordinator Desa, tim relawan, tim pendukung berjibaku ditengah lapangan. 


Merekalah yang “day to day” mulai dari mempromosikan, mengkampanyekan dan mengawal dukungan hingga TPS. 


Kerja keras mereka tidak berhenti di TPS. Setelah pencoblosan, mereka terus mengawal suara hingga penghitungan, penetapan di Kecamatan, kemudian berjenjang ke Kabupaten hingga penetapan akhir penetapan KPU Provinsi Jambi. 


Merekalah yang setiap saat mengecek real count KPU, memantau “sindikat palsu” yang mencoba memasukkan suara ke C 1, memantau suara dari kecamatan dan dihubungkan dengan formulir C 1. Sekaligus juga memantau suara dari berbagai kecamatan di rapat pleno Kabupaten/Kota. 


Mereka mampu dengan jeli memantau real count yang diupload di pilkada2020 website KPU yang kemudian ditemukan kejanggalan. Bahkan ketidakwajaran. 


Bayangkan.. 


Sejak dari pencoblosan, setiap waktu mereka menunjukkan data yang berbeda sehingga terhadap upaya kecurangan langsung bisa dideteksi. 


Berbagai tempat yang kemudian melakukan kecurangan kemudian dapat diproses. Sehingga dengan cepatnya daya deteksi membuat siapapun yang mau mencoba-coba mengakali surat suara dan mencuri suara yang telah diberikan rakyat, mampu kemudian dibendung. Bahkan berhasil dihentikan. Sekaligus mengembalikan kedalam keadaan semula. 


Partisipasi dari berbagai dukungan membuat pilkada Jambi menjadi menarik. Bayangkan. Mereka terus memonitor perkembangan dari real count. Sehingga tidak ada lagi upaya yang berhasil untuk menutupi kemenangan Al Haris-Sani. 


Merekalah mengawal suara Al Haris-Sani hingga penetapan KPU Provinsi Jambi. 


Tidaklah kemudian saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada mereka. 


Merekalah “the real winner Pilkada Jambi 2020”. 


Terima kasih atas dukungan semuanya. 


Kalianlah pahlawan demokrasi. 


Baca : The real Winner Pilkada Jambi 2020 (3)