30 Juli 2009

Pemutaran Film dan Diskusi


Pemutaran Film dan Diskusi merupakan program rutin yang diselenggarakan di Langkan Budaya Taratak. 
Agenda bulanan ini diselenggarakan di Balai Taratak dan beberapa tempat di Kota Jambi. Peminat film dapat menikmati berbagai film dari dalam dan luar negeri. Baik itu film cerita, film dokumenter maupun film animasi. 

 Dalam penyelenggaraan kegiatan ini Langkan Budaya Taratak didukung oleh Fakultas Film dan Televisi-Institut Kesenian Jakarta, Yayasan Seni Visual Indonesia, In-Docs, Taman Budaya Jambi dan Teater 5AW. 

Langkan Budaya Taratak membuka ruang dan mengundang untuk menjalin kerjasama yang lebih luas dengan pihak-pihak lainnya. 

 Beberapa kegiatan yang baru saja dilakukan adalah ScreenDocs! Regular dan ScreenDocs! Traveling, kedua kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Langkan Budaya Taratak dan In-Docs; ScreenDocs ! Regular Film dokumenter adalah sarana pendidikan alternatif yang mampu mengasah kepekaan masyarakat dan pemerintah terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya sosial dan budaya. 

Selain dapat mengapresiasi film dokumenter itu sendiri, pemerintah dan masyarakat luas juga dapat melakukan refleksi atas topik yang diangkat. 

Dengan adanya proses semacam ini, masyarakat dan pemerintah diharapkan dapat memulai upaya-upaya yang bertujuan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan mutu kehidupan secara fisik dan non-fisik. In-Docs berupaya mengembangkan wawasan masyarakat untuk mengapresiasi film dokumenter, serta menjadikan film dokumenter sebagai alat untuk membahas isu-isu yang sedang dihadapi oleh masyarakat, dengan meluncurkan program eksibisi screenDocs! dan DocuBox. 

Sedangkan melalui program edukasi KickStart! dan DOClinic, In-Docs meningkatkan kemampuan sumber daya film dokumenter di Indonesia, dengan menggali potensi, melatih dan mengembangkan kemampuan para pembuat film agar dapat menghasilkan film dokumenter yang berkualitas baik. 

ScreenDocs! adalah program media literasi melalui pemutaran film dokumenter dan diskusi, yang dilakukan In-Docs sejak tahun 2002. 

Antusiasme penonton screenDocs! selama ini cukup tinggi dilihat dari jumlah dan intensitas diskusi. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Jambi secara rutin setiap dua bulan sekali, terselenggara atas kerjasama Langkan Budaya Taratak dan In-Docs!. 

 Tujuan screenDocs! 1. Mengajak masyarakat luas untuk mengapresiasi film dokumenter dan film dokumenter Indonesia khususnya. 2. Mengajak masyarakat luas untuk melakukan diskusi tentang isu-isu yang dibahas dalam film dokumenter Indonesia. 3. Memberikan gambaran dan pilihan tentang perkembangan film dokumenter Indonesia kepada para pembuat film ataupun masyarakat yang berminat untuk memulai proses pembuatan film dokumenter maupun menggunakan medium ini untuk bidang mereka. 4. Membantu para pembuat film dalam proses memproduksi film dokumenter dengan diskusi. 

 Sasaran Peserta 1. Masyarakat Umum: penonton film dimana pemutaran berlangsung 2. Khusus: Mahasiswa, Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Pembuat Film, Anggota Badan Pemerintah Jadwal Kegiatan screenDocs! Regular akan dilaksanakan dua bulan sekali. 

Kegiatan terdiri dari pemutaran film dokumenter dan diskusi. Diskusi membahas isu-isu yang sesuai dengan film dengan mengundang narasumber yang dapat berbicara dan berpengalaman dengan isu tersebut. ScreenDocs! Traveling ScreenDocs! Traveling 2009 adalah kegiatan pemutaran film dokmenter dan diskusi yang diadakan satu tahun sekali di beberapa kota di Indonesia. Film yang dipuatar berasal dari Indonesia dan luar Indonesia. Tujuannya adalah: 1. Mengajak masyarakat luas untuk mengapresiasi film dokumenter dan film dokumenter Indonesia khususnya. 2. Mengajak masyarakat luas untuk melakukan diskusi tentang isu-isu yang dibahas dalam film dokumenter Indonesia. 3. Memberikan gambaran dan pilihan tentang perkembangan film dokumenter Indonesia kepada para pembuat film ataupun masyarakat yang berminat untuk memulai proses pembuatan film dokumenter maupun menggunakan medium ini untuk bidang mereka. 4. Membantu para pembuat film dalam proses memproduksi film dokumenter dengan diskusi. 

 Tahun ini screenDocs! Traveling 2009 diadakan di tujuh kota di Indonesia yaitu: Banjarmasin, Kendari, Palu, Makassar, Jambi, Pontianak dan Samarinda.

 Kegiatan ini merupakan program In-Docs, dibawah Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia. 

 Di Jambi, screeDocs! Traveling diselenggarakan selama 3 hari. Dimulai tanggal 30 Juni 2009 – 2 Juli 2009. Bertempat di Taman Budaya Jambi. 

Atas kerjasama, Langkan Budaya Taratak, In-Docs, Taman Budaya Jambi, dan Teater 5AW Jambi. Selain pemutaran film juga diadakan kelas pengenalan film dokumenter oleh Agung Sentausa, Jakarta. 

Di kelas ini membahas tentang produksi film dokumenter dari mulai pra produksi, produksi dan pasca produksi. 

Selain terdapat kelas yang membahas tentang produksi film dokumenter juga diadakan diskusi isu-isu sosial seperti transgender, lingkungan dan hak asasi manusia, hal ini disesuaikan dengan film-film yang diputar. 

 Diskusi ini akan menghadirkan narasumber dari kalangan ahli, dimana tujuan dari diskusi ini adalah untuk memberikan wacana kepada masyarakat tentang isu-isu di sekitar mereka lewat medium dokumenter. 

Untuk sesi Lingkungan menghadirkan Rudi Syaf, aktivis lingkungan dari KKI Warsi dan pada sesi Hukum dan HAM menghadirkan praktisi hukum dan aktivis HAM yaitu M. Musri Nauli 

 Sejumlah film yang diputar telah memenangkan berbagai penghargaan di berbagai festival film di dunia, seperti Shut Up and Sing, Fotball Undercover, The Birthday, Donkey in Lahore dan masih banyak yang lainnya. http://taratak.org/index.php?option=com_content&view=article&id=61:pemutaran-film-dan-diskusi&catid=38:kabar-taratak