10 September 2010

opini musri nauli : PERNIK- PERNIK LEBARAN


Membicarakan lebaran serasa tidak lengkap tanpa membicarakan berbagai pernik-perniknya. Pernik-pernik itu bail sebelum berakhirnya Ramadhan, Saat lebaran tiba maupun pasca lebaran. 
Pernik-pernik itu tentu saja dipengaruhi budaya lokal, kultur dan perkembangan zaman Pernik-pernik menjelang lebaran dapat Kita jumpai bail di perkotaan maupun di pedesaan. 

Di perkotaan Suasana menjelang dapat kita temukan Dan rasakan. Suasana di perkotaan, bagaimana penduduk urban sibuk membelikan minuman kaleng. Sedangkan di pedesaan, pembuatan kue tradisional membuat penduduk di pedesaan berbaur. 

 KETUPAT. 

Ada ujaran penting, bahwa tidak lengkap serasa lebaran apabila tidak adanya ketupat. Ketupat memang mempunyai ciri khas dan punya hati di umat islam Indonesia. 

Berbagai daerah di Indonesia, justru masak ketupat memerlukan waktu yang cukup lama. Bahkan sampai 8 jam. 

Secara politik, istilah ketupat kemudian digunakan sebagai sandi oleh pihak kepolisian. Operasi Ketupat, Razia ketupat dan sebagainya. Parcel. 

Bingkisan menjelang lebaran ini mendadak popouler disaat KPK mengeluarkan himbauan kepadanya seluruh penyelenggaraan negara untuk menerimanya. Begitu juga dengan pertimbangan "good corporate transparansi",berbagai BUMN kemudian menerapkan larangan untuk menerima parcel. 

Namun bagaimanapun Dan alasan apapun, parcel yang semula sebagai pernik-pernik lebaran pernah menjadi pembahasan Dan komoditas politik. 

 THR sebenarnya, THR adalah hak normatif buruh. Artinya secara harfiah, hak normatif merupakan ranah lapangan swasta. Namun dalam perkembangannya, istilah THR kemudian berkembang menjadi sebuah ujaran "Dana untuk lebaran". 

THR kemudian berkembang menjadi istilah yang tidak saja menjadi pembahasan normatih buruh, tapi sudah menjadi istilah yang melekat dalam berbagai lapisan termasuk ke setiap sendi- sendi kehidupan UCAPAN SELAMAT Idul fitri tidak bisa dipisahkan 

Dari ucapan selamat. Ucapan selamat bisa dilihat di berbagai iklan media. 

Sebelum majunya teknologi, ucapan Selamat masih menggunakan Kartu pos. Kemudian dengan murahnya biaya telekomunikasi Dan SMS, hampir praktis ucapan selamat menggunakan kartu pos sudah jarang digunakan. 

SMS ucapan selamat menggantikan berbagai media begitu dominan. SMS sebagai media praktis, mudah Dan murah berha MUDIK Mudik adalah sebuah kegiatan yang paling banyak menyita perhatian nasional. 

Hampir praktis, tidak kegiatan kemasyaratan yang paling banyak menyita perhatian ini. Mengalahkan pemilu, kampanye bahkan konser musik. 

Tidak Ada sebuah event yang mampu membikin Jakarta sepi seakan-akan Kota mati. 

Mudik mampu menghipnotis memindahkan penduduk, membuat manusia Indonesia percaya Tuhan, memutar perekonomian pedesaan, membuat seluruh angkutan sibuk, membuat seluruh konsentrasi nasional. 

Pokoknya tradisi mudik membikin agenda ketatanegaraan harus disesuaikan dengan tradisi mudik. 

 Pernik-pernik yang disampaikan hanyalah sekedar gambaran bagaimana antusiasnya masyarakat Islam Indonesia menyamput lebaran. Pernik-pernik yang lain terlalu banyak untuk disebutkan dan semuanya bermuara pada satu tujuan. Memberikan terbaik pada hari yang Fitri.