13 Maret 2023

opini musri nauli : Kebenaran Hukum (2)

 


Melanjutkan tema kebenaran hukum pada edisi sebelumnya, maka kebenaran hukum adalah tema dan pondasi Penting dan menarik perhatian para Ahli hukum. 


Kebenaran hukum juga sering disandingkan dengan kepastian hukum. 


Kebenaran hukum dan kepastian hukum adalah esensi dasar dari hukum pidana. Hukum harus memuat kepastian hukum. Sehingga tercapai keadilan hukum. 


Namun dalam term yang berbeda, tuduhan implementasi dan praktek penegakkan hukum dalam tema kebenaran hukum dan kepastian hukum justru terjebak dengan berbagai dogma. 

Bahkan tuduhan serius kepada ditujukan, kepastian hukum dan kebenaran hukum disederhanakan menjadi kebenaran procedural. Ataupun kebenaran peraturan. 


Namun didalam penegakkan hukum, tema kebenaran hukum - sering juga disebutkan dengan kebenaran hakim - dan kepastian hukum adalah tema yang utama dibandingkan dengan tema kemanfaatan hukum dan Keadilan hukum itu sendiri. 


Ditengah berbagai sengketa yang bermuara kepada kasus yang disidangkan dimuka persidangan, kebenaran hukum yang sering dilekatkan dengan kebenaran hakim mempunyai esensi utama dibandingkan perdebatan ataupun polemik yang terjadi ditengah masyarakat. 


Dengan adanya kebenaran hakim yang ditandai dengan kebenaran hakim selain memberikan kepastian hukum diharapkan menjadi muara Keadilan yang diraih para pencari Keadilan. 


Sehingga adanya polemik, perdebatan tema hukum tertentu dapat diselesaikan melalui putusan hakim (Vonis) sebagai muara kebenaran hukum-kebenaran hakim dan kepastian hukum. 


Demikian esensi dari makna kebenaran hukum itu sendiri. 



Advokat. Tinggal di Jambi